Cara Membuat Akun PayPal Tanpa KTP! Apa Bisa?

cara membuat akun paypal

cara membuat akun paypal

PayPal sebagai jasa keuangan elektronik yang kian berkembang di tengah ekonomi digital saat ini semakin memiliki penambahan pengguna setiap harinya, tidak terkecuali pendaftar akun rekening PayPal baru dari Indonesia. Apakah Anda termasuk salah satu diantaranya?

Anda dapat dengan mudah menemukan cara membuat akun PayPal di internet. Ada puluhan yang sudah menerbitkan sebuah artikel yang siap memandu Anda untuk membuat akun PayPal. Tapi tidak banyak yang memberikan pemahaman bahwa mendaftarkan data baru di PayPal perlu dengan identitas yang jelas, dan sah! Kenapa? Kami akan memberikan ulasannya pada Anda disini, di mulai dengan panduan mendaftar di PayPal,

Cara Membuat Akun Rekening di PayPal

Tidak ada langkah yang begitu sulit untuk Anda yang terbiasa melakukan pendaftaran di berbagai situs, cukup persiapkan data diri, Anda sudah bisa melakukan pendaftaran dengan mudah, termasuk pembuatan akun di PayPal.

Beberapa yang perlu Anda persiapkan awal dan wajib adalah alamat email yang masih aktif, dan pastikan Anda masih dapat mengakses email tersebut, nomor handphone yang juga bisa menerima pesan atau panggilan telepon, ini diperlukan karena pada tahap verifikasi nanti Anda akan  menerima kode angka khusus melalui pesan singkat atau panggilan masuk dari PayPal secara langsung. Tidak perlu khawatir, Anda akan di hubungi menggunakan bahasa Indonesia.

Bagaimana dengan identitas kartu atau KTP? Nanti akan kami jelaskan setelah panduan ini. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, berikut step by step membuat akun PayPal …

  1. Kunjungi situs resmi melalui www.paypal.com. Atau Anda dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi yang bisa Anda download di Play Store. Baik melalui website atau aplikasi tahapan-nya sama saja.
  2. Pilih menu Daftar
  3. Pilih Jenis Rekening. Jika untuk keperluan pribadi, silahkan pilih menu Rekening Pribadi, jika bisnis begitu pilihannya, pilih Bisnis
  4. Masukan nomor handphone Anda, dan tunggu pesan masuk yang berisikan kode angka verifikasi. Seperti yang kami jelaskan di atas, Anda bisa saja di hubungi secara langsung atau hanya bentuk SMS saja.
  5. Isi formulir pendaftaran sesuai dengan identitas Anda. Ingat! sesuai dengan identitas di kartu pengenal (KTP) Anda
  6. Lanjutkan proses-proses berikutnya sampai dengan tahapan melakukan verifikasi email. Cek pesan masuk email Anda, dan klik tautan link verifikasi yang dikirim oleh PayPal

Sampai dengan tahapan ini Anda sudah memiliki akun PayPal yang sudah terverifikasi email dan nomor handphone. Selanjutnya adalah memverifikasi kartu kredit atau kartu debit.

Tenang, jika Anda tidak memiliki kartu kredit atau kartu debit, Anda tetap bisa menggunakan akun rekening PayPal baru Anda untuk keperluan mengirim dan menerima dana masuk. Hanya saja, untuk dapat melakukan pembayaran dengan PayPal di situs-situs jual beli, Anda perlu melakukan tahapan verifikasi ini.

Tapi sejauh pengalaman kami menggunakan PayPal, tidak semua pedagang atau situs toko online mengharuskan pengguna yang ingin membayar dengan PayPal kepemilikan akun PayPal orang tersebut harus sudah terverifikasi kartu kredit atau kartu debit, jika beruntung, Anda hanya perlu akun PayPal saja sudah bisa melakukan pembayaran. Jadi, ini tergantung dari kebijakan pedagang.

Kenapa Membuat Akun PayPal Harus Ada KTP?

Jika Anda ingin menggunakan akun PayPal Anda untuk jangka panjang, sebaiknya Anda harus sudah memiliki kartu identitas (KTP), dan pastinya Anda sudah berusia di atas 17 tahun, sesuai dengan ketentuan pembuatan KTP di tanah air. Kenapa hal ini penting!

Ada kalanya PayPal meminta Anda untuk melakukan verifikasi KTP untuk memastikan bahwasanya pemilik akun PayPal tersebut adalah pihak yang resmi dan sah, dalam arti terdaftar sebagai warga negara dimana PayPal memberikan layanan. Verifikasi ini terjadi ketika transaksi Anda di akun rekening PayPal sudah cukup besar dan rutin, atau bisa saja permintaan verifikasi KTP ini terjadi ketika aktivitas di akun rekening PayPal Anda memiliki kegiatan-kegiatan yang mencurigakan. PayPal akan dengan segera memberlakukan penangguhan akun untuk sementara waktu jika ditemui indikasi aktivitas tidak wajar di akun PayPal Anda. Bahkan tak jarang PayPal juga meminta bukti alamat dan rekening koran Bank.

Bayangkan jika Anda membuat akun PayPal dengan nama samaran, atau Anda tidak memiliki KTP karena alasan masih di bawah umur? Pastinya akun PayPal Anda akan dibekukan selamanya karena tak kunjung dilakukan verifikasi, dan saldo yang Anda miliki akan terendap selamanya jika Anda tidak mengacukan banding atas penangguhan tersebut.

Kami ingat Anda, untuk mengajukan banding ke PayPal, itu sangat-sangat rumit dan sulit diterima oleh pihak PayPal dengan alasan apapun! Hanya beberapa saja yang berhasil menang banding dan menerima saldonya kembali yang di kirim langsung ke rekening Bank lokal Anda, atau akun PayPal Anda di buka kembali. Dan proses pengembalian dana membutuhkan waktu 180 hari, itu jika Anda menang banding.

Tips Penangguhan Akun PayPal

Jika ternyata Anda tetap bersikeras untuk membuat akun PayPal tanpa KTP, sejatinya Anda tetap bisa menggunakan akun PayPal tersebut jika Anda memiliki aktivitas transaksi yang wajar dan tidak mencurigakan. Tapi siapa yang dapat menjamin sistem otomatis penangguhan PayPal? Sebaiknya Anda waspada akan hal ini, jangan sampai menimpa Anda.

Apabila sudah terjadi, akun PayPal Anda ditangguhkan, sementara Anda tidak memiliki KTP, Anda dapat menemukan jasa banding PayPal di grup facebook agar nantinya akun Anda dapat terbuka kembali, atau setidaknya dana Anda di dalamnya bisa Anda dapatkan kembali. Biaya banding sangat bervariasi, tergantung dari apa-apa saja permintaan data oleh PayPal untuk melepas penangguhan. Yang sering terjadi dan paling umum adalah 4 data berikut ini:

  • KTP
  • Rekening Koran Bank
  • Bukti Transaksi Terakhir (hasil dari kegiatan apa Anda memperoleh uang tersebut)
  • Pengesahan Alamat melalui Surat Resmi yang Dikeluarkan oleh Lembaga Resmi

Bagaimana? apakah Anda sudah mengerti dan memahami mengapa perlu mendaftarkan akun PayPal dengan nama asli dan identitas resmi. Jangan sampai penangguhan tersebut terjadi pada Anda, sangat merepotkan dan mempusingkan tentunya. Ini berdasarkan pengalaman kami selama menggunakan PayPal.

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *